Upacara Melasti di Besakih, Besok Puncak Karya Ida Batara Turun Kabeh

March 25, 2013 by
Filed under: Budaya 

Sumber: Bali Post

Sekitar 5.000 pangayah, Minggu (24/3) kemarin ngiring Ida Batara makabehan melasti ke pesucian Toya Sah di Desa Muncan, Karangasem. Iring-iringan berjalan kaki panjangnya sekitar 3 km.

Dalam prosesi melasti kemarin, tak tampak satu pun pejabat tinggi kabupaten/kota maupun Pemprov Bali yang ngaturang ayah. Prosesi nedudang pratima dan pralingga Ida Batara Lingsir dari bale pehiasan masing-masing dikoordinasi sejumlah pemangku Pura Besakih.

Sejak pagi pangayah sudah siap ngaturang ayah. Pamundut jempana, pralingga masing-masing dari pangayah di Besakih, seperti dari Kerandan Merajan Kanginan, Banua serta dari pangayah desa-desa pragunung Pura Besakih, seperti dari pragunung Desa Pakraman Tegenan, Temukus dan desa lainnya. Mereka sudah mengetahui kewajiban sebagai pangiring masing-masing jempana Ida Batara.

Ida Batara kairing mamargi melasti sekitar pukul 10.30 ke Pasucian Toya Sah. Iring-iringan menempuh perjalanan pulang-pergi sekitar 10 km, dari candi bentar Pura Penataran Agung Besakih menuruni tangga di ambal-ambal, terus melewati margi agung, belok kiri menuju Batusesa dan melewati persawahan ke pesucian. Prosesi perjalanan melasti ini cukup sakral. Jempana Ida Ratu Bagus Pande yang mawastra dan dihias serba merah, berada paling depan di-pundut pangayah. Barulah diikuti jempana palinggihan Ida Batara Lingsir Besakih, dengan wastra serba putih.

Usai kairing masucian, pratima dan pralingga Ida Batara Kabeh lantas kalinggihang di balai pasamuan. Senin (25) ini, bakal digelar mapepada wewalungan prasarana upakara dan hewan caru. Sementara Selasa (26/3) besok yang merupakan puranama sasih kadasa digelar puncak Karya Ida Batara Turun Kabeh. (013)

Comments

Comments are closed.