Jelang Galungan, Bambu Banyuwangi Laris

August 25, 2012 by
Filed under: Uncategorized 

GILIMANUK, 25 Agustus 2012 (Bali Post):

Menjelang hari raya Galungan menjadi peluang bisnis menarik bagi para penjual bambu dari Banyuwangi, Jawa Timur. Bambu-bambu yang dibutuhkan umat Hindu di wilayah Melaya dan Gilimanuk untuk penjor mereka sediakan dengan menjajakannya berkeliling. Bambu yang didatangkan dari Banyuwangi itu pun tak kalah dengan bambu-bambu dari Bali.

Sejak seminggu ini sejumlah pedagang bambu nampak keluar dari pelabuhan Gilimanuk. Di antaranya ada yang menitipkan dengan mobil dan memikulnya sejak dari pelabuhan Gilimanuk.

Sejumlah pedagang bambu nampak memajang bambu-bambu mereka untuk dijual. Mereka mengaku hanya menjual di sekitar Gilimanuk dan Melaya.

Beberapa di antaranya menjual sambil memikul lima sampai tujuh bambu. Beberapa di antaranya mengaku sudah melakoni profesi ini sejak puluhan tahun lalu. Mereka menyediakan bambu karena di Gilimanuk memang sulit ditemukan bambu untuk keperluan hari raya Galungan dan Kuningan.

Setiap satu batang bambu dijual berkisar Rp 20 hingga Rp 25 ribu tergantung ukuran bambu. Salah seorang pedagang mengaku sudah puluhan tahun berjualan bambu di Gilimanuk dan hanya setiap momen menjelang hari raya Galungan. Dalam sekali berjualan selama seminggu dia bisa menjual sekitar 300 batang bambu. (kmb26)

Comments

Comments are closed.