Kado Genta Bagi Puluhan Pemangku

June 30, 2012 by
Filed under: Budaya 

TABANAN, 30 Juni 2012 (Bali Post):

Puluhan pemangku dan sulinggih mendapat kado genta bajra dari Pemkab Tabanan. Bakti kepada para rohaniwan ini sebagai bentuk perhatian kepada para rohaniwan. Selain genta, diberikan perangkat pakaian sembahyang. Kado bagi para pemangku ini dijadwalkan akan digelar secara bertahap.

Mereka yang mendapat kado adalah para pemangku di seluruh Tabanan. Pada gelombang perdana, genta diberikan secara simbolis kepada para pemangku lingsir. Di antaranya, Jero Kubayan Pura Luhur Batukaru, Pemangku Pura Tamba Waras, Pemangku Pura Besi Kalung, Pemangku Pura Kubon Tingguh dan Pemangku Pura Dalem Tabanan. ”Kami ingin memberikan perhatian kepada rohaniwan yang tulus melakukan doa dan pencerahan bagi Tabanan,” kata Wabup Tabanan Komang Gede Sanjaya di sela penyerahan genta di Puri Agung Tabanan, Kamis (28/6).

Menurut Wabup, para sulinggih dan pemangku setiap hari rutin menghaturkan doa. Karena itu, bentuk penghargaan dari Pemkab diwujudkan dengan pembagian genta. Selain itu, para sulinggih dan pemangku akan diberikan fasilitas kesehatan. ”Jadi, jangan hanya sarana upacara, tapi kesehatan pemangku dan sulinggih juga wajib diperhatikan,” tegasnya. Sanjaya berharap, dengan doa para sulinggih dan pemangku, Tabanan bisa ajeg dan tercipta kedamaian.

Tabanan, kata Sanjaya, memiliki pura terbanyak di Bali. Karena itu, para sulinggih dan pemangku diharapkan ikut menjaga pelestarian dan perawatan pura-pura tersebut. Apalagi, kehadiran tempat suci memberikan kesejahtaran yang utama bagi warga Tabanan. Karena jumlahnya cukup banyak, kado bagi pemangku dan sulinggih dibuat bertahap, termasuk perangkat pakaian sembahyang.

Penyerahan genta bajra ini disaksikan Raja Tabanan Ida Cokorda Anglurah Tabanan. Penglingsir Puri Agung Tabanan ini berharap, kado bajra bisa menjadi sarana upacara bagi terwujudnya perdamaian di Tabanan. (kmb30)

Comments

Comments are closed.